‘IT’S COMPLICATED’, Hubungan Yang Tiba-Tiba Jadi Rumit

  • //
Lihat Gambar

©

Kamis, 25 Maret 2010 09:13
KapanLagi.com – Pemain: Robert Adamson, Blanchard Ryan, Meryl Streep, Steve Martin, Alec Baldwin, John Krasinski, Hunter Parrish, Lake Bell, Rita Wilson3 star

Oleh: Fatchur Rochim

Sepuluh tahun sudah Jane (Meryl Streep) bercerai dari Jake (Alec Baldwin) yang telah menikah lagi dengan seorang wanita yang lebih muda bernama Agnes (Lake Bell). Selama ini hubungan antara Jane dan Jake tetap baik-baik saja meski mereka telah bercerai. Semuanya berjalan lancar sampai suatu saat ketika mereka harus mengunjungi anak mereka yang akan wisuda.

Awalnya, Jane yang kini telah menjadi pengusaha restoran sukses hanya berniat makam malam bersama Jake, mantan suaminya yang bekerja sebagai pengacara. Makin malam, suasana makin romantis dan akhirnya hubungan yang semula adalah persahabatan itu berubah menjadi perselingkuhan. Dalam sekejap mata, Jane menjadi wanita lain di tengah hubungan Jake dan Agnes.

Di saat yang hampir bersamaan, seorang pria bernama Adam (Steve Martin) masuk ke dalam kehidupan Jane. Semula, Adam disewa Jane untuk mengubah dekorasi restoran miliknya namun kedekatan mereka menumbuhkan rasa tertarik di hati Adam. Keadaan pun semakin menjadi rumit karena Adam yang baru saja bercerai dari istrinya tiba-tiba terjebak di tengah cinta segitiga antara Jane, Jake dan Agnes.

Nama Nancy Meyers mungkin tak setenar James Cameron namun kalau Anda meluangkan waktu untuk melihat track record sutradara wanita berusia 60 tahun ini Anda akan sadar kalau Meyers memang tak bisa dipandang sebelah mata. Daftar film hasil karyanya mungkin belum begitu panjang namun beberapa dari judul yang ada paling tidak berhasil masuk sebagai nominasi di berbagai awards termasuk Oscar. IT’S COMPLICATED ini saja sempat mendapat empat nominasi dari award yang berbeda.

Bergeser ke daftar pemain, ada nama Meryl Streep yang pasti sudah dikenal semua orang. Hampir semua film yang ia bintangi selalu membuahkan nominasi buatnya walaupun tak semua berhasil dibawa pulang. Paling tidak, itu sudah menjadi bukti bahwa akting Streep juga tak bisa diremehkan. Di sisi lain, masih ada nama Steve Martin dan Alec Baldwin yang juga nama-nama lama di dunia film.

Bahkan sebelum diedarkan sekalipun sudah ada jaminan bahwa film IT’S COMPLICATED ini adalah film yang layak ditonton. Layak ditonton di sini dalam artian bahwa film ini punya paduan antara naskah, akting, visual, dan penyutradaraan yang bagus. Mungkin film ini tak akan mampu menghibur mereka yang berusia di bawah 30 tahun karena memang kisah yang disajikan mungkin terlalu berat. Ini memang risiko karena memboyong cerita seperti ini artinya segmen pasar yang dibidik pun tak terlalu luas.

Menghibur atau tidak memang masalah yang sangat pribadi tapi di luar itu, IT’S COMPLICATED masih menyajikan beberapa momen lucu dan menghibur sekaligus berusaha mengungkap konflik pasangan paruh baya di Amerika sana tanpa harus jadi menggurui.(kpl/roc)