amur (cendawan) adalah tumbuhan paling sederhana yg banyak dikonsumsi,baik sebagai sayur ataupun obat.
Sebagai bahan makanan,jamur kaya kandungan vitamin B12 dan D2,yg tidak terdapat pada sayuran laen,serta vitamin B1.Wanita yg mengkonsumsi jamur,bisa memperkuat janin dan menjaga kesehatan ibu dan bayi.Selain enak,teksturnya lembut dan berar0ma khas.Contoh jamur yg bisa dik0nsumsi sebagai sayur antara laen,jamur merang,champign0n,kuping,dan sebagainya.

Jamur oleh sebagian orang dimanfaatkan sebagai obat.Lantaran mengandung 18 jenis asam amin0 penting,seperti asam gan0dera(yg terkandung di jamur reishi/Gan0derma Lucidum)mampu menghambat pertumbuhan tum0r.Lentinan dan shiitake juga diandalkan untuk meng0bati kanker dan penyakit yg disebabkan inveksi virus,mampu menurunkan kadar kolesterol dan lemak yg berlebihan,melancarkan sirkulasi darah,serta meningkatkan kekebalan tubuh.Jamur eritadenin juga ampuh sebagai penawar racun.Selain dimakan segar,jamur biasanya dikeringkan untuk diminum seperti teh,diolah menjadi campuran garam,kecap,saus bahkan sudah bisa diekstrakkan.

Namun,jangan sembarangan memasak dan memakan jamur yg tumbuh dihutan,kebun atau pekarangan rumah.Coz bisa saja beracun.Mengkonsumsi jamur beracun,tidak hanya bisa menyebabkan kepala pusing,mual atau muntah,tapi bisa mematikan.Karena mengandung senyawa falin,antropin jamur,asam havelar bahkan terkandung senyawa kholin atau muskarin.

Untuk mengetahui apakah jamur beracun atau tidak,bisa dilihat dari tanda-tanda khususnya.Antara lain:
-Tubuh buah mencolok,misalnya merah darah,hitam legam,biru tua atau kuning muda.
-Mempunyai cincin atau cawan pada bagian pangkal batangnya.
-Baunya menyengat,agak busuk(am0niak).
-Jika dipot0ng mudah berubah warna dan biasanya tumbuh dilingkungan yg kotor,seperti tempat pembuangan sampah atau kotoran ternak.

Jika jamur yg ada ditempat saudara memiliki ciri-ciri tersebut,buang saja,jangan diberikan pada ternak,karena racunnya juga berbahaya bagi binatang.