10 Negara di Oseania Yang Indah Tapi Orang Indonesia Jarang Mengetahui

Oseania adalah wilayah yang sangat luas dan berada di Samudera Pasifik. Lokasi ini adalah rumah bagi pantai berpasir putih yang berkilau dan ribuan pohon kelapa yang tak henti-hentinya menari samba. Tempat ini juga surga terumbu karang yang indah serta pulau-pulau vulkanik yang berjajar rapi.

Lokasinya yang berada di Samudera Pasifik dan cenderung terpencil maka tidak banyak turis yang berkunjung ke sana bahkan tempat ini juga lolos dari radar para traveler kawakan. Padahal di sana tersimpan keindahan alam yang sangat indah untuk dinikmati. Berikut ini daftar 10 negara oseania yang kamu belum pernah dengar namanya.

1. Republik Kepulauan Fiji

Republik Kepulauan Fiji merupakan sebuah negara kepulauan yang berada benua Oseania. Negara ini berbatasan dengan Samudera Pasifik di selatan, Vanuatu di timur, Tonga di barat dan Tuvalu di selatan. Negara yang beribukota di kota Suva ini memiliki 322 pulau dimana 106 diantaranya adalah pulau berpenghuni.

Mungkin Fiji adalah satu-satunya negara di oseania yang sudah sedikit tidak asing di telinga traveler. Di Fiji kalian akan merasakan berada di surga tropis dengan pemandangan pantai yang indah, laguna biru yang memukau dengan jajaran pohon palem yang rindang.

Negara berpenduduk tidak lebih dari satu juta jiwa ini juga terkenal dengan atraksi matahari terbenamnya yang eksotis. Ada juga air terjun yang cantik, area surfing, dan hutan hujan yang masih alami. Orang-orang Fiji juga terkenal ramah yang pasti akan membuat para turis semakin betah.

2. Republik Kiribati

Pernah dengar nama negara ini? Republik Kiribati adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik. Di sana terdapat 33 pulau koral dengan laguna cantik yang disebut dengan atol. Bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris.

Meski tempatnya terpencil di lepas Samudera Pasifik namun Kiribati memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Pantai di sana rata-rata berpasir putih yang berkilau dengan airnya yang jernih sebening kaca. Bisa dibilang Kiribati adalah tempat yang pas untuk bermalas-malasan menikmati pemandangan pantai yang sejuk.

3. Republik Vanuatu

Di samudera Pasifik bagian selatan terdapat sebuah negara kepulauan bernama Vanuatu. Ada sekitar 83 pulau yang masuk dalam kepulauan tropis ini. Negara yang dahulunya bernama Habrides Baru ini kaya akan budaya tradisioanalnya. Para warga juga sangat ramah terhadap pengunjung yang datang sehingga negara ini juga dijuluki sebagai negara paling bahagia di bumi.

Banyak pantai dan pulau-pulau indah yang asyik untuk dijelajahi menggunakan perahu. Pariwisata Vanuatu sendiri terpusat di pulau Efate, Tanna dan Espiritu Santo. Bagi turis asing yang ingin berkunjung dapat melakukan penerbangan dengan tujuan Port-Vila, itu adalah ibukota Vanuatu. dari sana traveler bisa melanjutkan perjalanan dengan perahu.

4. Republik Palau

Kalian pasti belum tahu jika di sebelah utara dari Provinsi Papua Barat ada sebuah negara kepulauan bernama Palau. Nama resminya adalah Republik Palau dan termasuk negara yang berada di kawasan oseania. Negara ini masih terbilang muda karena baru merdeka pada tahun 1994.

Para turis yang paling banyak mengunjungi negara ini adalah berasal dari Jepang, Korea dan Tiongkok. Di Palau para turis akan dimanjakan dengan pantai tersebunyi dimana keberadaan pantai ini masih alami dan ditutupi dengan vegetasi yang lebat. Pulau utama di sana adalah Pulau Koror dimana dua pertiga penduduk Palau menghuni pulau tersebut.

5. Tuvalu

Dahulu, Tuvalu dikenal dengan sebutan Kepulauan Ellice. Negara ini terletak diantara Hawaii dan Australia di Samudera Pasifik. Tetangga terdekat Tuvalu adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji. Dengan luas daratannya yang hanya 26 kilometer persegi maka populasi penduduk di negara inipun hanya belasan ribu jiwa saja. Bayangkan betapa sepinya tinggal di sana.

Daya tarik wisata terpopuler di sana adalah sebuah laguna raksasa bernama laguna funafuti yang berada di ibukota Funafuti. Laguna ini memiliki ukuran panjang 14 kilometer dan lebarnya 18 kilometer menjadikannya tempat yang pas untuk melakukan snorkeling dan berenang. Semua aktifitas warga juga berpusat di kota tersebut.

6. Republik Nauru

Dengan luas wilayah hanya 21 kilometer persegi menjadikan Nauru negara berbentuk republik terkecil di dunia. Sebelum menggunakan nama resmi seperti sekarang, dahulu negara ini dikenal dengan nama Pleasant Island. Negara yang tidak memiliki ibukota resmi ini hanya dihuni sekira 10.000 jiwa dan terkenal dengan tambangnya berupa fosfat.

Sayangnya Nauru tidak seperti negara kepualauan lainnya yang memiliki pulau-pulau tropis yang eksotis. Meski banyak dikelilingi terumbu karang yang indah namun interior pulau ini telah dirusak oleh aktifitas pertambangan fosfat. Karena itulah aktifitas pariwisata di negara ini dapat dibilang tidak berkembang. Namun jika ingin menikmati traveling ke sana masih ada beberapa hotel dan pantai kecil yang jadi pengobat kekecewaan.

7. Samoa

Samoa menambah satu lagi daftar negara terkecil di dunia yang berada di antara Selandia Baru dan Hawaii. Negara yang dulunya bernama Samoa Jerman ini terdiri dari 9 pulau. Disinilah tempat yang tepat untuk merasakan keindahan alam Polinesia yang paling otentik.

Hampir keseluruhan lanskap negara ini dipenuhi dengan air terjun dan pantai pasir putih. Bagi para traveler mancanegara yang ingin merasakan kemeriahan di negara ini dapat mengunjungi ibukota Apia yang berada di pulau Upolu yang merupakan pulau terbesar dan terpadat di sana.

8. Kerajaan Tonga

Negara ini terdiri dari 176 pulau, 36 diantaranya berpenghuni. Kerajaan Tonga merupakan satu dari sekian banyak negara di oseania. Letaknya berada di timur laut kota terbesar Selandia Baru, Auckland. Negara ini dianugerahi tanah yang subur sehingga cocok untuk lahan pertanian.

Layaknya negara kepulauan, pantai dan terumbu karang menjadi senjata utama pariwisata mereka. Pantainya merupakan jalur migrasi ikan paus yang kembali ketempat kelahirannya untuk berkembang biak. Sehingga tak jarang para turis datang ke sana untuk menyaksikan secara langsung atraksi paus di alam liar.

9. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall berada di Samudera Pasifik bagian selatan. Negara ini berbatasan dengan Nauru dan Kiribati di sebelah selatan, Mikronesia di barat, dan Pulau Wake di utara. Lokasinya yang terpencil sehingga belum banyak yang dapat dikorek dari negara yang satu ini.

Beberapa kegiatan yang umum dilakukan di sana adalah aktifitas menyelam. Setidaknya ada 160 spesies terumbu karang yang mengelilingi pulau. Beberapa pulau yang tak berpenghuni dimanfaatkan untuk perkebunan kelapa dan pepaya.

10. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris. Negara ini mendapatkan kemerdekaannya di tahun 1978. Negara kepulauan ini berada di sebelah timur Papua Nugini. Wilayahnya terdiri dari 1.000 pulau tropis yang berada di daerah terpencil sehingga menjadikannya permata tersembunyi bagi penikmat wisata bahari.

Laut Kepulauan Solomon juga menjadi surga bagi para penyelam dengan terumbu karang dan biota lautnya yang melimpah. Pulau-pulau utama yang populer untuk dikunjungi adalah Guadalcanal , Malaita , Choiseul , New Georgia , San Cristobal dan Santa Isabel . Ibu kota Honiara, di Guadalcanal juga layak dikunjungi. Di sana terdapat museum, kebun raya dan Chinatown.

Dengan mengetahui negara-negara di Oseania diharapkan dapat menjadi tambahan referensi kalian untuk traveling tahun depan. Destinasi wisata baru tentu akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.